Selamat Bergabung di http:/totonafo.blogspot.com. Mengajar Untuk Mengubah Hidup adalah tujuan kami.

21 Desember 2010

Mencegah Anak Melihat Situs Terlarang


Penggunaan internet di rumah, mempunyai dampak ganda, yakni dampak positif dan negatif. Namun, dampak negatif tersebut dapat dipantau, dicegah dan dikendalikan oleh orang tua, meski umumnya orang tua masih awam dengan teknologi komputer.

Dengan meningkatnya penggunaan internet di kalangan rumah-tangga dewasa ini, banyak orang tua mulai mempertanyakan cara untuk mencegah secara teknis terhadap anak-anak mereka agar tidak bisa mengunjungi situs terlarang. Namun keterbatasan informasi mengenai komputer yang dalam bahasa sehari-hari sering disebut "gaptek" (gagap teknologi) atau "butek" (buta teknologi) membuat mereka akhirnya menyerah atau membatasi secara fisik dan moral saja. Meski, banyak pula orang tua yang tidak terlalu awam dan berjiwa "teknis" namun belum mengetahui cara pencegahan yang diperlukan. Beberapa hal yang sebaiknya dicegah oleh para orang tua antara lain:
• Kunjungan pada situs-situs yang menampilkan gambar-gambar terlarang
• Download gambar dan film ke dalam harddisk
• Munculnya layar pop-up yang tidak diundang
• Melihat VCD/DVD melalui computer

Hal-hal tersebut selain tidak baik bagi perkembangan anak juga menghabiskan kuota penggunaan layanan Speedy mengingat kapasitas file yang dibuka cukup besar bila dibandingkan hanya dipergunakan untuk browsing informasi tekstual atau untuk keperluan edutainment saja.

Perlu diketahui bahwa program yang umum dipakai untuk koneksi internet antara lain:

• Internet Explorer (program browser)
• Windows Media Player (program untuk melihat film/animasi)
• Windows Explorer dan Paint (program yang dapat menampilkan gambar)
• Berbagai program bantu lain yang bisa diperoleh (download) secara gratis dari internet baik itu dari jenis browser, movie viewer maupun picture viewer

Kali ini pembahasan lebih ditekankan pada Internet Explorer (IE). Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para ibu maupun bapak yang tidak ingin internet dimanfaatkan secara negatif oleh anak-anaknya antara lain:
• Gunakan IE versi 6.00 keatas dengan Service Pack 2 (SP2). Cara memeriksa versi adalah : pertama, buka program IE, lalu klik menu Help dan kemudian klik About Internet Explorer. Disitu akan tampak versi internet explorer yang digunakan (perhatikan kata version : 6.0 dan SP2)
• Melalui IE 6.00 SP2 ini kita dapat melakukan setting Popup Blocker. Caranya pertama, klik Tools, kedua klik Popup Blocker dan ketiga pilih Popup Blocker Setting. Melalui jendela yang tampil anda juga menentukan filter level yang diinginkan yakni low, medium dan high. High artinya layar pop-up sama sekali tidak akan muncul di layar komputer. Klik Close kalau sudah selesai.
• Langkah berikut adalah menyaring (filter) content yang diperbolehkan atau tidak anda perbolehkan. Caranya pertama, klik Tools, kedua klik Internet Options, ketiga, klik Content dan keempat klik Enable kemudian kelima klik Approved Sites (lihat gambar 1) dan daftarkan beberapa alamat situs pada kolom yang tersedia dan klik Allow atau Never tergantung apakah anda selalu mengijinkan (allways) situs tertentu dikunjungi atau sebaliknya melarang kunjungan pada situs tersebut (never). Kemudian klik Ok atau Apply.



• Trik lain adalah dengan menyembunyikan semua gambar yang dapat ditampilkan pada IE. Caranya : pertama, klik Tools, kedua klik Internet Options dan ketiga klik Advance. Lalu akan tampil gambar sebagai berikut:



Turunkan daftar pilihan kebawah (gunakan mouse) sampai anda melihat kata-kata "Show picture" dan klik tanda "a" pada baris tersebut sehingga tanda "a" tidak tampil di layar dan (4) klik Ok. Artinya IE tidak dapat menampilkan semua gambar. Hal ini dapat mempercepat penggunaan internet dan juga menghemat kuota. Demikian selamat mencoba.
Selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang mengajar untuk mengubah hidup?